Installing XP on Compaq Presario V3660 with SATA

Finally, i installed win XP on my notebook successfully, after three days i searched the compatible driver for its SATA hardisk.

At first time i installed XP on V3660, i got the same problem like everyone did, my
hardisk cannot be detected in installation progress. The main problem is no driver SATA
attached in win XP package installation.

Although i have the CD driver from the distributor where i bought it, but unfortunately it not compatible anymore, because the drivers that they’d give is for V3000 series which some driver are too old to new generation of Compaq V3000 series.

Cek this out for more detail (eventhough is not the same series, but it works ;> , i think because the chipset for these series are same) :
http://voiceofchinese.com/blog/huang/hp-compaq-presario-v3643tu-windows-xp-drivers

And then, if you don’t want install driver by floppy disk after you press F6 in installation process. You can make your own winXP CD package which attached with SATA driver. You can use Nlite (http://www.nliteos.com/download.html).

After installation Nlite on your PC done, don’t forget to copy all content from your old winXP CD to specified folder. So you can attach in first process using NLite, like this picture below :

Attached winXP source at beginning

And then, you just focus on Integrate Driver and Create Bootable ISO like this image below :

NLite

The next step is insert for the appropriate drivers that you’ve download from previous URL. Then, make the image CD and burn it, at the end you have your own customize winXP CD.

Have a nice try ;>

42 thoughts on “Installing XP on Compaq Presario V3660 with SATA

  1. Haloo, saya sudah coba tapi masih gagal. Dr URL yg atas, drivernya berbentuk *.exe. Bagaimana ya? Bukannya drivernya seharusnya dlm bentuk *.inf?
    Mohon bantuannya. Thanks

    1. joe says:

      Thank u sobat dengan adanya blog anda, sayaberhasil 100% meng-install notebook compaq presario v3000, terimakasih banyak atas sharingnya yang sangat bermanfaat.
      thx u bror

  2. gitapramest says:

    halloo jg Vivie, berdasarkan pengalaman saya, setelah .exe itu berhasil saya install di komputer lain, saya copy seluruh hasil install SP36131.exe tersebut (kalo di folder saya C:\swsetup\SP36131) ke dalam disket. Nantinya disket itu akan digunakan untuk menginstall driver SATA stelah kita pilih F6 pada saat instalasi XP.
    Atau, Vivie bs meng-embed file2 tersebut di CD XP customize yang bisa dibuat dengan NLite.
    Good Luck, moga2 membantu yaa

  3. chen says:

    halooooo, saya sudah coba pake nlite, tapi kok yang diminta *.ini ya, yang *.inf ga bisa di import tuh.
    sama tolong tanya yang diimport yang mana ya??
    pusing banget neh install nya…uda 3 hari cari ke sana kemari info2.help me plzzz….thx lots

  4. Rudy says:

    hi…
    ada yang bisa bantuin saya tidak..
    saya ingin menginstal XP di hp Compaq saya
    tapi tidak bisa
    awalnya os vista
    bagaimana caranya???

  5. arief triantono says:

    mas gita..
    apakah kalau hanya dengang Download iso win XP SATA (http://download.gilaupload.com/filepointer.php?fid=e887c474956def17374e4aceccbc7045)
    suadah langsung bisa kita istal xp seperti biasa..?
    maksud saya lagsung bisa boot lewat cd dr laptop hp V3660?
    atau ada setingan di bios yg harus dirubah..?
    minta penjelasan pls…?
    ohh ya mas, utk win XP sata yang di http://download.gilaupload.com/filepointer.php?fid=e887c474956def17374e4aceccbc7045,
    itu versi berapa?
    xp sp 2/ ?

    plas repaly to my email

    thankss

  6. Jack says:

    Mbak Gita,

    Thanks berat atas infonya. Saya udah coba install XP SP2 di Laptop saya, dan sukses. Cuma saya masih bingung nih, gimana cara tau infrared saya bekerja atau nggak? Apa ada driver khusus untuk itu? Kalau ada, dimana saya bisa dapatkan?

    TQ berat ya …

  7. Jack says:

    Mbak Gita,

    ini lanjutan lagi dari posting sebelumnya. Di Control Panel, tdk terlihat adanya infrared. Apakah emang harus install extra drivernya? Dimana bisa dapatkan driver infrared nya?

    TQ berat ya …

  8. omriyad says:

    mba Gita,

    saya pakai presario v3736, dah terinstal windows XP, tp belum berhasil dapat driver WIFI, dimana bisa mendapatkannya? atau kalo punya mohon kirim ke imel saya ya, thanks.

  9. eri says:

    mbak gita, nyuwun tulung link untuk file xp2+SATA koq ga bisa di download ya? bisa kasih link alternatif yg lain ga? minta tolong bgt ya mbak, makasih banyak sebelumnya

  10. harlan, dah install framework .net blm? mestinya sih ada pesan error kl kita mesti instal dl frameworknya. googling aj, cepat dpt kok, ga bgitu besar jg ukuran filenye.

  11. adite says:

    pake window bLaCK. da sampe buat bootable. proses intalasi selesai tp pas Log on ga bisa… msh Layar biru. pusing !!!

  12. wawan says:

    apakah pada Compaq V3660 ada scrol vertical dan horizontal pada mousepad, kalau ada dimana saya bisa mendapatkan drivernya?

  13. mbak gita saya minta tolong… saya punya masalah dengan install ulang windows buat laptop HP Compaq V3613…
    saya sudah coba install pake windows vista dan windows xp black platinum edition… tapi tidak berhasil….

    hardisk sya udah di format beberapa kali… dan sekarang jadi gak bisa di format lagi di vista maupun xp black….. tapi masih hardisknya masih ke deteck

    gimana donk.. mbak.. caranya install laptop V3613 ini kok rumit banget,,,,,

  14. @dodo, boleh tau format HD nya pake apa? PartitionMagic/ underDOS, atau?
    Selama HD msh terdeteksi pd saat proses instalasi di “layarbiru”, sepertinya HDnya msh dlm kondisi baik.
    Pesan error dari ga berhasil installnya apa ya? Karena, masalah yg biasa terjadi itu : HD tidak ke detect atau tidak bs install driver (setelah OS terinstal).
    Tapi, kl saya baca dari tulisan Dodo, kemgkn besar HD tidak terformat seluruhnya, jd ada file yg tidak ke-load waktu booting OS yg sudah diinstall.
    Ato ada tmn2 lain disini mgkn yg punya masalah sama dgn Dodo, bisa di share yaa..

  15. Rip says:

    Gagal mulu… Pake floppy external jg gagal jalan terakhir yaw pake adaptor sata trus ak instal fres copy. Trus tgl masukin aja ke laptop. N berhasil. Sumpek gagal berkali2 pake nlite…

  16. luki says:

    Saya baru membeli compaq3906 presario v3000, saya sudah ok menginstal xp n driver berkat forum mb gita ini, tapi permasalahannya wirelesLan masih belum jalan. Ada apa ini mb gita?
    tolong dibantu, n kalo bisa kirim ke “nugrohosusenohadi@yahoo.co.id”
    thx kk2..

  17. Alen says:

    Fuihhh..
    MY beautifull V3660TU…
    mba gita, di urutin ulang ga daftar instalasi driver nyaaa…??
    trus donlotnya urutan nya yg mana2 dulu nihh…

    kayaknya butuh satu Blog lagi nihh mbaa..
    khusus V3660TU..

    please reply me at alenmoe@gmail.com
    or my YM : alenmoe

    thanks

  18. andry says:

    mba gita…………. LINK yang di GILAUPLOAD mati mba…………………………. Moohon di upload again mba butuh nie… yg 534MB itu

Leave a Reply

