Pilot Your Life

Judul diatas sama dengan judul dari sebuah buku yang tidak sengaja saya lihat di kosan teman. Buku diatas bukan termasuk buku baru yang best seller, malah buku itu terbitan (terjemahan bahasa Indonesia) tahun 2006. but don’t judge the book by it’s cover, right ;> .karena judul itu cukup membuat penasaran seorang anak manusia yang sedang mencari rute hidup yang akan dilalui selanjutnya..

Begitu banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kisah hidup seseorang. Salah satunya dituangkan dalam sebuah buku tentang perjalanan hidup seorang anak manusia, yang berhasil melewati segala rintangan hingga akhirnya menjadi CEO. Isi buku ini diceritakan dengan gaya bertutur yang ringan namun penuh makna. Hal ini tidaklah mengherankan, karena sang tokoh yang menceritakan dirinya sendiri di buku ini, adalah seorang komedian sejak berumur 11 tahun. Komedian adalah profesi awal yang mengantarkan dia menjadi pribadi yang serius tapi santai, yang dia terapkan ketika telah menjadi CEO.

Bagaimana dia menjadi CEO dimana awal karirnya sampai berumur 22 tahun adalah komedian, diceritakan secara mengalir, termasuk hal2 yang membuktikan bahwa kesuksesan seseorang selain ditunjang dengan usaha, tetap ada hal2 diluar kemampuan manusia. Sehingga seharusnya tidak ada celah bagi manusia untuk menyombongkan diri.

Setiap manusia memiliki kemampuan untuk mengembangkan dirinya sejauh yang dia inginkan selama ada keyakinan diri dan hasrat untuk terus maju.

Pilot your way memberikan prespektif lain bagi manusia yang sedang menapaki tingkat kedewasaaan, dimana ada satu titik waktu manusia harus menentukan garis start dari rute hidupnya. Ketika garis start itu ditemukan, jalani sesuai rute yang telah digambarkan sampai titik finish dicapai.

Tidak lupa filosofi2 hidup untuk menjadi pribadi yang berhasil menurut pengalaman sang CEO. Salah satu filosofi yang teringat jelas oleh saya adalah filosofi ”jemput bola”, bahwa karena ada kata menjemput, artinya hal yang dijemput sudah tersedia. Seseorang akan menjemput bola dengan keyakinan diri bahwa bola yang dia jemput sudah menunggu di suatu tempat. Jemput bola ini diceritakan tentang gaya komedi, dimana dikisahkan seorang yang meminta tolong berkali2 kepada Tuhan agar mendapatkan hadiah lotere, karena dia ingin berbuat baik dari hadiah lotere yang dia dapatkan, sampai akhirnya ada kilat yang menyambar dan Tuhan berkata ”Aku dengan senang hati akan menolongmu, tapi kau harus menolongKu sedikit, belilah tiket loterenya”. Ya, manusia tetap harus berusaha mengambil peluang untuk mendapatkan keinginannya, walaupun takdir menggariskannya menjadi seorang yang berhasil dalam hidup.

Trik2 marketing pun diceritakan dibuku ini, karena si CEO adalah seorang sales saat menapaki awal karirnya. Seorang sales dibuku ini adalah sales yang mengerti produk yang ditawarkannya luar dalam, jadi tidak hanya sekedar mengejar materi semata, tetapi ada keterikatan hati dengan produk yang dipasarkan, sehingga si sales bisa meyakinkan calon pembeli, karena si sales pun merasa yakin dengan produk yang dipasarkannya. Trik marketing ini pun dapat diterapkan untuk menjadi seorang entrepreneur yang memiliki konsistensi, bukan dengan hanya mengikuti trend pasar.

Pilot your way bisa menjadi bacaan yang menginspirasi seseorang untuk menggali potensi lain dari dirinya dengan mempertajam kelebihan dan mengatasi kelemahan dirinya sebagai bekal hidup meraih kesuksesan lahir batin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s