Server Wave 2008 Launch at Jakarta Convention Center, March 4, 2008

Bertepatan dengan hari selasa, saya berkesempatan menyaksikan launching paket produk Microsoft terbaru yang diistilahkan dengan nama Server Wave 2008. Server Wave ini terdiri dari Visual Studio 2008, SQL Server 2008, dan Windows Server 2008. Solusi yang ditawarkan dengan adanya paket ini adalah ke-efesienan waktu diantara proses bisnis saat ini yang menuntut segalanya berjalan dengan tepat dan cepat.

Microsoft sebagai pemain besar dalam dunia teknologi informasi global, meluncurkan paket produk terbarunya dimana tentunya para costumernya adalah pemain2 besar pula. Dikarenakan harga produk Microsoft yang tidak murah, sehingga mungkin bagi sebagian orang event ini tidak begitu menarik, bila dikaitkan dengan kondisi budget perusahaan😀. Tetapi apapun itu, tidak ada ruginya untuk menambah wawasan dengan mengetahui kemajuan teknologi yang semakin memudahkan developer dalam menjalankan fungsi kerjanya, sehingga kemampuannya dapat di alokasikan untuk merancang strategi perkembangan bisnis di masa datang. Adapun rangkaian acaranya terdiri dari beberapa sesi dan topik yang dibahas.

Pada main session (sesi pertama) dari rangkaian acara event ini, digunakan pihak Microsoft dan partnernya yaitu HP dan Sun Microsystems untuk memberikan gambaran tentang solusi bisnis yang mereka tawarkan dari paket Server Wave 2008 ini. Presentasi tentang Microsoft dan gebrakan terbarunya dibawakan langsung oleh Mr. Tony Chen, President Director of PT Microsoft Indonesia , selain itu pula terdapat pembicara2 lain dari Microsoft diantaranya yaitu Risman Adnan yang memberikan gambaran tentang benefit dari paket baru dari Microsoft ini khususnya Silverlight . Di akhir sesi ini, ditampilkan seratus orang pertama, para penerima Microsoft certification dari paket server wave 2008. Bagi yang tidak mengikuti perkembangan informasi tentang server wave 2008 akan terkejut dengan adanya para profesional IT ini yang telah menerima sertifikasi untuk paket server wave 2008 ini. Ya, karena sebenarnya paket ini sudah diterapkan (softlaunch) di perusahaan2 partner Microsoft jauh hari sebelumnya

Sesi2 selanjutnya dipisahkan tempat berdasarkan topik yang dibahas. Pada hari itu, karena terpotong dengan acara kembali ke kantor, sehingga saya baru bisa berada di JCC lagi pada pukul 4 sore. Saat itu, salah satu sesi yang sedang berlangsung membahas tentang SQL Server 2008. Informasi yang saya tangkap sekilas dari fasilitas yang ditawarkan SQL Server 2008 diantaranya adalah :

  • Melakukan data profiling, yang berguna pada bidang data warehouse.

Setelah itu, saya mengikuti sesi selanjutnya untuk para developer yang berjudul ”Next Web Generation With Visual Studio 2008, IIS 7 & Silverlight”. Pada sesi ini, di demokan penggunaan Silverlight yang bisa dikatakan sebagai integrator bahasa programmer dan desainer. Sehingga desainer dan programmer dapat saling meneruskan pekerjaan satu sama lain. Bila diandaikan dengan persepsi saya, adanya Photoshop untuk desainer dan Dreamweaver untuk programmer, tapi Photoshop dan Dreamweaver itu terintegrasi yang menghasilkan aplikasi seperti Silverlight. Selain itu, bila disandingkan dengan Visual Studio 2008, SQL Server 2008 memiliki fasilitas diantaranya :

  • Kemampuannya untuk men-generate diagram struktur database, untuk kemudian bila disandingkan dengan Visual Studio 2008 (dicontohkan dengan ASP.net), bisa menampilkan bentuk halaman web, dimana di halaman web tersebut terdapat fungsi insert, delete, dan edit dari database yang dimaksud, dengan hanya mengedit kode program yang sebelumnya tergenerate. Dengan adanya fasilitas ini, hampir codeless untuk membangun halaman web dengan fungsi update database.
  • Pembuatan kode XML, kaitannya dengan membangun web service.

net01.jpg

Pada sesi terakhir, ditampilkan demo pemrograman robotic yang dibuat dengan Silverlight dan Visual Studio 2008. Demo ini disampaikan oleh salah satunya Zeddy Iskandar yang sebelumnya pernah memberikan materi pada seminar yang diselenggarakan Microsoft di kampus saya. Pada sesi terakhir ini, audience dibuat amaze dengan pemrograman (.net 3.5 dan Silverlight 1.1) yang diterapkan pada robot yang dikendalikan dengan sinar infrared.

net02.jpg

Di akhir sesi terakhir ini, ditampilkan dua mahasiswa dari IT Telkom(STT Telkom) dan Univ. Gunadarma, yang juga merupakan MSP (Microsoft Student Program). Kedua mahasiswa tersebut, mengenalkan XNA, suatu aplikasi untuk membangun game sendiri yang bisa diaplikasikan pada berbagai platform diantaranya XBOX.
Siapapun pemainnya dalam dunia ICT, segala benefit yang ditawarkan, semakin memperkaya solusi untuk masalah-masalah bisnis yang terus berkembang seiring dengan bertambahnya kebutuhan manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s