komputer hang di menit pertama, scviihost… virus?

Saya pernah mencoba menghilangkan virus berbentuk file scviihost.exe yang efeknya lumayan menyebalkan, yaitu dia menutup akses user ke registry, lalu membanjiri kerja processor, sehingga hanya dalam hitungan kurang dari 5 menit, komputer bisa hang dan satu2nya hal yang bisa dilakukan adalah me-restart, tapi kejadian hang itu kembali berulang dan begitu seterusnya,. Artinya bagaimana bisa kerja, lah kalau baru 5 menit setelah nyala komputer itu hang (curhat mode on😀 ).
Solusi tanpa anti virusnya adalah cari dulu file aneh apa yang berjalan di komputer lewat task manager . Lalu coba hentikan kerja file itu dengan end task. Bila tidak bisa di end task, berarti kita harus masuk ke command prompt di luar sistem operasi windows

Sudah lama ternyata saya tidak posting uneg2 di sini. alasannya klasik, yaitu belum sempat, padahal hal2 yg ingin saya share di blog sudah bertebaran di kepala.

Nah saat ini saya punya alasan untuk posting, karena berkali2 saya melakukan hal yg mau saya share ini.

Apakah hal itu…. Masih ga jauh2, msh berkaitan sama benda yang tiap hari membantu saya bekerja. Yap, komputer. Kali ini berkaitan dengan “virus”, sebenarnya virus itu adalah file biasa dalam computer, fie itu menjadi virus atau bukan bergantung pada definisi virus komputer itu sendiri. Sebenarnya, virus untuk komputer itu apa sih?.. Dulu, waktu saya masih awam, saya merasa virus komputer itu hal yang tidak bisa dijangkau oleh end user, hanya bisa dijangkau dengan anti virus branded (contoh terkenalnya, Norton, McCaffee, AVG). Atau, kalau anti virus di komputer saya sudah tidak berkutik menghadapi virus itu, tidak ada jalan lain kecuali merogoh kocek sebagai uang jasa untuk “tukang service” komputer.

Tapi sekarang, setelah sehari2 berkomunikasi dengan komputer, ternyata virus itu hanya sebuah file, dengan ekstension apa saja, yang artinya end user pun bisa mengakses file itu. Perbedaannya hanyalah pada cara memperlakukan file itu. tapi itu baru pendapat saya yang belum tentu valid😀. Makanya, tengok jg pendapat Wiki ini dia :

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Bisa saya garis bawahi, “tidak menimbulkan efek sama sekali”, aneh memang, kok kalau tidak mengganggu tetap disebut virus? Ternyata berdasarkan pengalaman saya dan teman2 yang sering plug&play USB flash disk di PC mana2. Sering ada file yang pindah ke komputer host, tanpa di copy paste dulu walaupun pada akhirnya komputer yang “tertular” itu tidak terinfeksi tapi baik2 saja. Tapii sebenarnya, bukan tidak ada efek, hanya saja efeknya baru terlihat setelah sekian lama, tentang virus jenis ini saya ingin berbagi.

Virus ini juga sepertinya tidak berefek, tapi anehnya virus ini berbentuk file autorun.inf dan tidak bisa di hapus begitu saja (sepertinya itu dibahas di postingan selanjutnya saja ya, karena iseng2 saya googling tentang virus yg mau sekilas saya bahas, ternyata masih belum ada artikelnya dalam bahasa indonesia, jadi sekalian saja saya bahas tuntas dulu). Mari kita mulai………..

Suatu ketika, komputer sodara saya setiap kurang dari 5 menit, selalu hang. karena hang, jadi di restart. setelah berhasil masuk OS, kembali hang lagi, dengan waktu kurang dari 5 menit pula, di restart lagi, begitu seterusnya, jadi kan singkong di ragiin (* tapee deeh) , hihihi..

maka sebagai seseorang yang “disangka” bisa berkomunikasi dengan urusan komputer, diutus lah saya untuk bernegosiasi dengan komputer itu, agar dia tidak hang -> restart -> masuk OS -> hang -> restart -> masuk OS… begitu seterusnya, sehingga jadi seperti lingkaran setan😀

sebenarnya ini kalau punya antivirus yang powerfull dan update tentunya, hal ini bisa diatasi dengan satu kali klik, tapi berhubung di komputer sodara saya itu ga update karena saya sudah ga bisa lagi menikmati akses internet cepat untuk men-donlot update-an nya😀, jadilah saya mencoba cara ala detektif untuk mengupas satu persatu dimana masalahnya terletak.

Akhirnya saya memulai investigasi (duh bahasanya sok detektif deh,hihihi), berikut kronologis investigasi saya :

  1. Saya nyalakan komputer seperti biasa, setelah itu saya mencoba masuk taks manager (dengan control+alt+del) , tapi ternyata task manager di disable sama tuh virus, saat itu saya login dengan privilage administrator
  2. Saya kembali login tapi saya gunakan account guest, saya coba buka task manager, yap berhasil, tapi sayang nya saya tidak punya cukup privilage untuk melakukan proses di task manager itu. kembali saya putar otak
  3. Akhirnya saya buat account baru dengan privillage administrator, saya berhasil masuk task manager walau hanya beberapa detik untuk melihat file aneh apakah yang sedang berjalan. mata saya menangkap scviihost.exe ternyata ada disitu. saya mulai menggunakan naluri detektif saya (hayyyah, ihihi) dan saya jadikan file itu sebagai tersangka, dan saya coba menghapusnya, tapi tidak berhasil karena di tolak sistem.
  4. Karena komputer saya kembali hang, dan saya telah menemukan tersangka, maka saya masuk command prompt melalui CD instalasi windows dengan memilih pilihan REPAIR melalui command prompt.
  5. Mulailah saya melancarkan aksi penghapusan, saya DIR C:, DIR C://Windows, Dir C://Windows/system32 dan saya temukanlah file tersebut.
  6. Tahap selanjutnya hapus file itu dengan DEL scviihost.exe , ternyata file itu tidak bisa dihapus, maka saya coba cara lain berdasarkan pengalaman sebelumnnya.
  7. Sebelum dihapus, file itu harus dibuat dalam kondisi file yang bisa dihapus, dengan cara mengubah attribute nya.
  8. attrib -a scviihost.exe

    attrib -r scviihost.exe

    del scviihost.exe

    BERHASIL

  9. Maka saya nyalakan kembali komputer, menunggu beberapa saat, 1 jam kemudian, komputer tidak hang. BERHASIL
  10. Tapi ternyata… beberapa hari kemudian, sodara saya mengeluh lagi, kalau komputernya kembali tidak bisa digunakan karena hang seperti kondisi awal.
  11. Saya mulai memutar otak… kenapa ya.. setelah googling, saya temukan jawabannya. ternyata ada file autorun.inf, yang tugasnya kembali membangkitkan scviihost.exe agar aktif kembali. maka,saya harus menghapus autorun.inf tadi.
  12. Penghapusan autorun.inf itu, kembali dilakukan under DOS dengan cara yang sama seperti diatas, tapi tentunya kita harus mengetahui posisi file autorun.inf tersebut. silahkan cari di C:, C://Windows, C://Windows/system32. begitu ditemukan, kembali lakukan perintah DOS berikut :
  13. attrib -a autorun.inf

    attrib -r autorun.inf

    del autorun.inf

  14. Tunggu kabar selanjutnya dari pemilik komputer tersebut. Alhamdulillah, sampai sekarang belum ada keluhan ttg lingkaran setan HANG tadi😀.

11 thoughts on “komputer hang di menit pertama, scviihost… virus?

  1. sidig says:

    cara diatas udah aq jalankan, tapi ke_dua virus tsb ga ada…trus kira2 penyebab laen ap??? padahal komp udah tak bersihin termasuk ram,proc,dll…udah di_install ulang juga dan hasilnya nihil…tetep hang je!!!

  2. aldhydoank says:

    maksih yach atas ilmu nya,,akhirnya aq mulai tau,,,!!! aq kan coba dech,,, klo da komputer orang lagi hang ,,aq kan lakuin itu juga,,,,maksih ychhh,,,!! ^_^

Leave a Reply

