HTTP Redirect, ada contoh lucu tapi nyata

Salah satu script yang digandrungi para developer web yang memiliki keterbatasan waktu untuk memindahkan seluruh file dari 1 webserver ke webserver lainnya, adalah script http redirect, yang biasa di letakkan pada blog meta tag seperti pada sintax berikut :

META http-equiv=”refresh” content=”5;URL=http://www.webtujuan.com”

Dengan HTTP redirect, apabila sintax diatas di letakkan di homepage website http://www.webasal.com, maka setiap pengunjung yang mengakses http://www.webasal.com, dalam waktu 5 detik, akan langsung diarahkan ke http://www.webtujuan.com. Istilah lugasnya, penyamaran, hehe.. sebenarnya sih, untuk kenyamanan pengunjung website itu sendiri, karena effort yang harus dilakukan lebih mudah daripada harus memindahkan file ke webserver http://www.webtujuan.com. Sudah banyak contoh website2 besar dan terkenal yang melakukan trik ini.

Sebenarnya yang ingin saya bagi bukan tentang HTTP redirect, tapi mirip HTTP redirect, yang tujuannya untuk kemudahan pengunjung. Ini tidak sengaja saya temukan ketika mengakses official website dari Laskar Pelangi the movie, film yang saya gandrungi dan nanti2kan.

Seperti film2 lainnya yang menggunakan website sebagai media komunikasi dan promosi, biasanya orang2 dibalik layar, membeli domain yang sesuai dengan judul film, begitu pula dengan Laskar Pelangi, ini adalah alamat URLnya http://www.laskarpelangithemovie.com/ cukup sesuai dengan harapan. Lalu ada tulisan “Enter” disitu, yang berupa link javascript untuk masuk ke halaman utama.

Lalu saya klik lah tulisan Enter itu, ternyata masuk ke window baru dengan tampilan full screen. Tapi kok saya merasa janggal dengan tampilan full screen itu yah… ternyata oh ternyata, domain yang digunakan berbeda dari domain official websitenya, tapi domain yang digunakan adalah domain salah satu universitas IT terkemuka di Indonesia, universitas apakah itu…. (silahkan coba akses langsung😀 )

Domain yang berbeda terlihat pada title di window baru pada browser tadi. Lalu saya coba akses domain rootnya, ternyata masih aktif, dan memberikan informasi baru, yang membuat naluri detektif saya kembali bergolak (hayyah, apaan sih, hehehe)..
Jadi, dari hasil investigasi saya, pertama : sepertinya developer website resmi film Laskar Pelangi itu, tidak memiliki cukup waktu untuk memindahkan web yang sudah dibangun ke webserver dari domain resminya. Sehingga dia melakukan aksi “redirect” (dengan beda cara). Kedua : latar belakang dari developer bisa diketahui dari domain yang tertera pada title window baru tadi. Tapi kedua hasil investigasi itu hanya sebatas terkaan saya. Kebenarannya? 0,99999%, hehehe…
Tapi, untuk sang developer, sepertinya bisa diubah sedikit scriptnya, agar penyamaran nya tidak terlalu terlihat😉 .Dan ada perasaaan bangga sedikit nih, universitas yang tertera pada window baru itu adalah almamater saya, hehe… Tapi tetap saja saya merasa janggal, karena universitas itu pun tidak ada di daftar sponsor. Yang ada di daftar sponsor malah universitas tetangga😀.

Tulisan ini tidak bermaksud mencari2 kesalahan, ini hanyalah luapan naluri detektif saya yang suka tiba2 muncul, hehe… Dan semoga menjadi pelajaran bagi saya terutama, dan pembaca lainnya😉

6 thoughts on “HTTP Redirect, ada contoh lucu tapi nyata

  1. Bandwidth Limit Exceeded
    The server is temporarily unable to service your request due to the site owner reaching his/her bandwidth limit. Please try again later.
    Apache/2.2.9 (Unix) mod_ssl/2.2.9 OpenSSL/0.9.8b mod_auth_passthrough/2.1 mod_bwlimited/1.4 FrontPage/5.0.2.2635 mod_perl/2.0.4 Perl/v5.8.8 Server at http://www.laskarpelangithemovie.com Port 80😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s