Google Translate Advanced

Hampir semua orang pasti sudah pernah menggunakan fitur google yang begitu bermanfaat bagi yang masih terbata-bata dengan bahasa Inggris, yap, itu adalah google translate. Fitur google yang satu ini cukup bermanfaat selain karena fungsi utamanya menerjemahkan, juga menggunakan teknologi AJAX, sehingga user dapat dengan cepat menemukan arti dari kata yang diterjemahkannya.

Fungsi menerjemahkan dari google tersebut, tidak hanya sebatas google translate saja ternyata. Hari ini, ketika saya googling dengan google.co.id dengan keyword berbahasa inggris (disini belum membahas mengapa saya mencari jawaban dari keyword tersebut😀 ) . Di bagian bawah hasil pencarian ternyata ada link dengan kata2 “Lihat hasil penelusuran yang diterjemahkan dari bahasa Inggris ke Indonesia: “.

Saya langsung klik saja, ternyata muncul halaman hasil pencarian lain, yang semuanya berbahasa indonesia, saya pikir itu adalah website2 yang memang berbahasa indonesia. Lalu saya klik salah satu, dan itu website forum. Saya pun mulai membacanya, tetapi sebagai orang yang 100% asli Indonesia (hehehe), saya merasa janggal dengan bahasa Indonesia yang digunakan dalam forum tersebut, mudah dimengerti memang bahasa yang digunakannya, tapi kok janggal ya, seperti bukan bahasa sehari2.

Ternyata kecurigaan saya benar, website forum tersebut ternyata merupakan website asli luarnegeri, artinya konten website itu telah diterjemahkan oleh Google, seluruhnya, berikut dengan menu-menu navigasinya.

Hebat, terobosan baru dari Google😉 . Mungkin teman2 yang membaca postingan ini sudah ada yg pernah menemukan sebelumnya, tapi karena rasa kagum saya, saya PeDe aja deh tuk menuliskan dan membaginya disini, hehehe…

Leave a Reply

