Adobe Air, Offline serasa Online

Hari ini saya berkesempatan untuk dipertemukan dengan Adobe Air, yang akhirnya membuat saya untuk “menyentuh” lagi blog ini, ternyataaa…udah 7 bulan yg lalu ga disentuh sejak terakhir kali *curcol ga penting*😀. Mo alasan dikit ah, kenapa kok lama bgt ga nyentuh2, selain krn emg krg bs meluangkan wkt *alesaan*, tp krn setiap ada hasrat hrs berurusan dengan lupa password😀. Jadi hr ini dah diberesin smuanya, mudah2an ga ada lagi alasan buat nulis hal2 yg sebenarnya emg perlu ditulis, buat bagi2, wlpun cm dikit, moga2 bermaanfaat.

Membahas Adobe Air ini sebenarnya udah lumayan basi *malu deh aku* tapi karena memang baru berkesempatan benar2 mendalaminya sekarang, jadi ya saya baru mulai meng-oprek2.

Hal pertama yang terlintas dari Adobe Air ini, apakah secara konsep tujuannya sama dengan Cloud Computing?? Karena kata “Air”nya itu, saya berasumsi awal, kita bisa melakukan apasaja di air(udara) == cloud(awan)😀 . Udara dan awan yang dimaksud disini tentu saja jaringan internet yang kalau di skema biasa digambarkan dengan bentuk awan. Padahal AIR sendiri adalah singkatan dari Adobe Integrated Runtime.

Adobe AIR sendiri adalah salah satu jawaban dari teknologi RIA (Rich Internet Application) yang mulai booming belakangan ini. Membahas sepintas tentang RIA (Rich Internet Application) *pdhl udah ada di draft blog ini dr dahulu kala,tp blm di publish2 jg-ya salah sndiri :D* , RIA lahir dari adanya fitrah manusia yang menyukai keindahan dan ke-interaktifan, kedinamisan. RIA mengakomodasi ide2 dari industri kreatif yang diterapkan di dunia website yang sebelumnya terbatas (krn pertimbangan bandwidth kecil, sedangkan rata2 ide dr industri kreatif menghasilkan grafis yang berat dr sisi ukuran file). Daripada berpanjang2, contoh RIA adalah iklan/ banner di website (rata2 portal berita) yang bisa berjalan sendiri mengelilingi window browser, ataupun, banner yang kalau di mouseover bisa keluar object dari banner itu, dan banner keren2 lainnya *suka amaze sendiri kalo liat banner RIA*😀

*postingan yg sudah ditulis dari tahun lalu, tp baru di publish August 2011*
*diantara postingan yg masih draft*

Pelajaran : jangan menunda2 untuk hal yg positif, jgn terlalu idealis, perfectionist. speak out your mind.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s