File .js Tidak Support di IE (Internet Explorer)

Wuiih..

Terakhir lihat postingan Oktober 201o, almost 1 year, hiks.

Tapi aku tekadkan harus mulai posting lagi, sebagai asisten dalam mengingat, maklum tahun sudah berlalu, kepala pun makin penuh, RAM belum di upgrade😀 .

Kali ini tentang pengalaman yang 2x sudah kualami. Parahnya, pas sudah terjadi lagi, baru teringat kalau hal tersebut harus di perhatikan. Untuk itu kutuliskan disini, agar diri lebih mudah berintrospeksi dan tidak membuang2 waktu untuk mencari solusi dari problem yang sudah dihadapi sebelumnya.

Yaks, ini tentang compatibility browser. Hal yang paling mengesalkan dan menyita waktu memang. Untuk itu, tanpa panjang lebar dan tinggi lagi, ini adalah tentang file javascript (js) yang sering digunakan untuk memperindah tampilan website. Javascript digunakan untuk membuat event/ interaksi/ slideshow (futuristik) antara website dengan user. Masalahnya, karena sekarang ini sudah trend HTML5. Javascript yang digunakan pun sudah tahap advance code yang digunakannya. Sedangkan ada user yang masih menggunakan browser jadul yang belum support untuk meng-compile js (javascript) tersebut. Jadilah kejadian seperti yang kualami.

Kejadiannya website yang aku develop tidak bisa diakses di IE, dari IE 6 sampai IE 8. Gejalanya bila diakses halaman tidak ke-load code nya dan muncul pop up windows bertuliskan “Operation Aborted”.

Dulu waktu kejadian ini aku alami untuk pertama kalinya, aku menyalahkan banner flash yang dipasang di website. Karena memang, bila banner tersebut diganti menjadi menggunakan gif, error tidak muncul di IE 7, tapi di IE 6 tetap muncul. Akhirnya homepage web tersebut aku save as completed HTML, di oprek satu2. Script nya di hapus -> cek -> kalo ga ada pengaruh -> taro lagi -> script lain -> hapus -> cek -> dan seterusnya, sampai aku temukan penyebab utamanya, yaitu adalaaah.. (jeng jeng jeng) : file jquery.js  aku hilangkan dan website dapat diakses normal namun tampilan sedikit tidak rapih.

Setelah di cek ternyata jquery.js nya versi 1.4.4 dari WP (WordPress) versi 3.0 pada waktu itu. Maka aku ganti file jquery.js nya menjadi yang versi 1.3.2 dari WordPress versi sebelumnya. Dan akhirnyaa masalah selesai, website dapat diakses di IE dengan normal kembali.

Kesimpulan :

Bila menggunakan WordPress diatas versi 3.0, harap segera dicatat, bahwa user yang masih menggunakan browser IE dibawah versi 9, tidak akan dapat mengakses website teresbut, karena terlanjur dapat pop-up windows yang bertuliskan “Operation Aborted”.
Untuk itu, ubah file jquery.js yang terdapat di folder /wp-includes/js/jquery/ menjadi jquery dibawah versi 1.4.

Semoga catatan ini berguna buat orang lain yang membacanya pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s